Cara Membuat Nasi Kuning Dan Lauk Pauknya Yang Enak



Nasi kuning adalah salah satu makanan khas Indonesia yang biasa ada pada acara ulang tahu atau perayaan besar. nasi kuning seperti symbol rasa syukur untuk dibagikan para tamu yang datang. biasanya nasi kuning dibuat menjadi bentuk piramida yang dinamakan tumpeng. Tumpeng akan membuat tampilan sesuatu perayaan menjadi lebih istimewa. Nasi kuning sendiri memiliki rasa yang hampir sama dengan nasi uduk namun bedanya ada tambahan rasa kunyit yang khas. Nasi kuning sendiri ini dibuatnya cukup lebih rumit dibandingkan dengan nasi uduk. 
Berikut cara membuat nasi kuning dan lauk pauknya yang enak.

1.       Nasi Kuning
Nasi kuning memerlukan bahan yang cukup banyak. Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah 1 kg beras putih, 70 ml santan kelapa, daun salam 4 lembar, garam, bawang merah 3 siung, kunyit sekitar 2 cm, bawang putih 3 siung, dan kaldu bubuk.
Cara membuat nasi kuning adalah pertama anda cuci berasnya dahulu hingga bersih. Setelah berasnya bersih, anda taruh di dalam wadah yang bisa menyaring. Sehinga air cucian berasnya hilang semua. Selanjutnya anda siapkan kunyit yang sudah dikupas. Setelah itu cuci bersih kunyit dan anda parut hingga kasar. Selanjutnya rendam dalam air. Diamkan sejenak. Setelah itu anda saring kunyitnya. Ambil airnya saja.
Siapkan bumbu halusnya yaitu bawang merah dan bawang putih diulek hingga halus. Kemudian anda siapkan wadah rice cooker. Lalu masukkan beras ke dalam wadah rice cookernya. Setelah itu masukkan air kunyitnya dan tambahkan sedikit air lagi jika belum pas. Selanjutnya anda masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan santan kelapanya. Selanjutnya tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Terakhir anda masukkan serai dan daun salamnya. Aduk-aduk dulu sebentar. Lalu anda masak nasinya. Setelah matang, anda bisa sajikan dengan menaburkan bawang goreng.

2.       Tempe Sambal
Nasi kuning biasanya dimakan dengan lauk pauk yang spesial. Seperti sambal tempe yang bisa menambah selera makan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe sambal adalah 1 bungkus tempe, cabe merah besar sekitar 9 buah, tomat 1 buah, bawang merah 5 siung, bawang putih 3 siung, garam, penyedap rasa ayam, dan minyak goreng.
Cara memasak tempe sambal lebih mudah tentunya daripada cara membuat nasi kuning. anda potong-potong dadu tempe. Lalu digoreng hingga matang tetapi jangan garing. Selanjutnya haluskan semua bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Kemudian anda tumis bumbu sambalnya hingga wangi. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu tambahkan juga gula pasir secukunya. Masak kembali hingga teksturnya kental. Lalu masukkan tempe yang sudah digoreng. Aduk hingga tercampur sambalnya dengan api yang kecil.

3.       Ayam Goreng Gurih
Lauk pauk yang ketiga untuk teman makan nasi kuning biasanya adalah dengan ayam goreng juga. Namun kali ini kita akan emmbuat ayam goreng yang gurih. Bahan-bahanya adalah ayam 1 kg, kunyit, bawnag merah, bawang putih, ketumbar, jahe, serai, lengkuas, garam, dan minyak goreng.
Langkah pertama yang anda lakukan adalah menghaluskan semua bumbunya dengan menambahkan garm secukupnya. Selanjutya anda tumis hingga sangat wangi. Tambahkan air lumayan baik. Lalu anda masukkan ayam yang sudah dicuci bersih semuanya. Lalu tunggi airnya habis. Setelah itu goreng ayam hingga kecoklatan dan sajikan dengan nasi kuning.