Sebelum Beli Mobil Bekas dari Pemilik Pertama, Kenali Dulu Untung Ruginya Berikut!


Kendaraan sejenis mobil memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat dibandingkan dengan motor, selain karena jika dilihat dari segi kenyamanannya, maka untuk kapasitas penumpang atau muatannya sendiri juga terbilang cukup besar, bisa digunakan hingga satu keluarga, jadi seandainya ingin jalan-jalan bersama tentunya akan jauh lebih nyaman bukan.
Hanya saja untuk tawaran harga sudah pasti lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli produk kendaraan roda dua, bahkan berkali-kali lipat lebih mahal.
Sehingga beberapa orang kemudian memutuskan berpikir ulang untuk membelinya.
Padahal sebenarnya bukan masalah besar, apalagi Anda bisa beli mobil bekas  juga.

Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya kendaraan second atau yang sudah bekas memang mengalami depresiasi harga, sehingga tawaran harga jualnya sendiri juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan yang baru. apalagi untuk seri atau tahun keluaran yang sudah cukup lama.
Jadi nantinya bisa menjadi alternatif pilihan terbaik bagi Anda yang budgetnya memang terbatas.

Selain melihat dari segi kondisi kendaraan, pastinya hal yang menjadi pertimbangan Anda sebelum beli mobil second atau second ini adalah showroom atau tempat penjualnya bukan, apalagi yang menawarkan banyak sekali.

Namun juga ada beberapa orang atau pemilik pertama kendaraan yang menjualnya secara langsung. Berikut ini diantaranya ada plus minus beli mobil bekas dari pemilik pertama yang hendaknya Anda ketahui, yaitu:

Keuntungan:

1.Bisa mendapatkan tawaran harga yang jauh lebih murah, karena dibandingkan dengan membeli di sebuah dealer dimana dengan sedikit saja polesan, maka pihaknya juga akan menaikkan harga jual dari kendaraan tersebut jadi kian mahal. Jika Anda membeli produknya langsung dari pemilik pertama bisa melakukan tawar menawar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga paling murah.

2.Mengetahui juga riwayat dari kendaraan tersebut, karena memang sebelumnya ia sebagai pemilik pertama, maka bisa bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai riwayat dari pemakaian kendaraan tersebut, apakah masih digunakan secara wajar dan sebelumnya tidak pernah mengalami kecelakaan ataupun juga yang lainnya.

3.Kondisinya juga apa adanya, sehingga nantinya bisa langsung digunakan ketika Anda sudah tertarik untuk membeli, aka mobil tersebut bisa langsung segera digunakan.

Kerugian:

1.Tidak bisa mengajukan pembelian secara kredit, jika Anda membeli mobil bekas langsung dari pemilik pertama, maka mau tidak mau harus membayar uang harganya secara penuh atau tunai, karena pihak penjual juga ingin segera menggunakan uang tersebut, namun berbeda jika seandainya lewat showroom atau dealer yang bisa membeli mobil secara kredit.

2.Repot dengan mengurus surat-suratnya, untuk balik nama dan sebagainya, namun berbeda ceritanya jika Anda membeli langsung dari showroom karena nantinya pihak dari showroom tersebut yang akan mengurus semua dokumen ini, sehingga Anda hanya tinggal menerima produk jadinya saja dan membayar.

3.Rentan juga dengan tidak kejahatan, harga bisa jadi murah, namun belum tentu itu mobil yang legal, apalagi jika seandainya tidak disertai dengan dokumen atau surat-surat resminya. Inilah hal yang sangat rawan terjadi, banyak diantara penjual yang menawarkan mobil hasil curian dan sebagainya. Berbeda jika membeli lewat showroom dimana pihaknya sudah memastikan bahwa kendaraan tersebut legal ditunjukkan dari keberadaan surat-surat penunjangnya.

Pertimbangkan lagi jika ingin beli mobil bekas dari pemilik pertama, karena meskipun di satu sisi banyak keuntungannya, namun juga ada beberapa kerugian yang mungkin akan dirasakan.