Cara Mengatasi Stroke Ringan

Cara Mengatasi Stroke Ringan - Penyakit stroke ringan yakni terganggunya fungsi otak tanggapan fatwa darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang sehingga mengakibatkan nutrisi dan oksigen yang diharapkan otak tidak sanggup terpenuhi dengan baik. Ada 2 penyebab terjadinya stroke yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya pembuluh darah yang pecah. Beberapa faktor yang sanggup meningkatkan resiko terjangkit stroke ringan yaitu faktor keturunan, berusia diatas 55 tahun, berjenis kelamin pria dan penyakit anemia sel sabit atau sickle cell.

Ada dua jenis stroke yang sanggup menyerang siapa saja yaitu stoke ringan dan stroke berat. Stroke ringan disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah di otak. Sedangkan stroke berat disebabkan oleh adanya pendarahan tanggapan pembuluh darah yang pecah. Stroke berat sanggup menjadikan penderitanya tak sadarkan diri, dan bahkan meniggal dunia.

Beberapa gejala stroke ringan yaitu salah satu cuilan tubuh mengalami kelumpuhan ibarat pada wajah, lengan atau kaki, bicaranya cadel atau tidak jelas, bibir miring dan pusing. Berikut ini langkah pertolongan pertama mengatasi serangan stroke ringan :

Biarkan tetap ditempat kejadian
Bila seseorang mengalami serangan stroke ringan, sebaiknya biarkan orang itu di tempatnya dan jangan dipindahkan kemanapun. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus dalam otak yang sanggup semakin cepat terjadi, yang tentunya akan sangat beresiko. Bantu orang itu untuk duduk dengan baik biar tidak terjatuh lagi.

Memberikan posisi yang nyaman
Sandarkan penderita pada posisi senyaman mungkin biar tubuh dan peredaran darahnya tidak mengalami gangguan, dan usahakan biar sanggup tetap bernafas dengan lancar. Dengan begitu kondisi psikologis penderita akan menjadi lebih baik dan semakin cepat sembuh.

Memberikan minum
Berikan penderita segelas air putih biar terhindar dari dehidrasi. Jika penderita mengalami dehidrasi, maka akan mengganggu peredaran darah yang menuju ke otak dan pasokan oksigen ke saraf otak tidak maskimal. Segelas air putih sanggup membantu meringankan serangan stroke ringan.

Tarik-tarik dan tusuk daun telinga
Apabila terlihat lisan penderita miring ata terlihat tidak normal, coba tarik-tarik daun indera pendengaran penderita sampai terlihat kemerahan, kemudian tusuk 2 kali dengan memakai jarum yang sudah disterilkan (dibakar) pada masing-masing ujung bawah daun indera pendengaran penderita sampai mengeluarkan 2 tetes darah dari masing-masing daun indera pendengaran tersebut.

Tusuk ujung-ujung jari
Tusukan jarum suntik atau jarum lain yang sudah disterilkan atau dibakar pada ujung jari di area sekitar 1 mm dari ujung kuku sampai mengeluarkan sedikit darah atau 1 tetes darah. Cara ini biasanya akan menciptakan penderita cepar sadar.

Untuk mencegah serangan sroke ringan, maka yang harus dilakukan yakni menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, rutin berolahraga, menjaga kadar gula darah, dan menerapkan teladan hisup sehat ibarat tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol berlebihan.

Itulah Cara Mengatasi Stroke Ringan yang sanggup Anda lakukan sebagai langkah proteksi pertama. Melakukan konsultasi dengan dokter harus selalu dilakukan penderita sebagai langkah penyembuhan dan pencegahan serangan stroke ringan. Semoga bermanfaat.